SELAMAT DATANG DI INDAHNYA BERBAGI

Develoment

0 comments

Definisi Orientasi :
Sebuah prosedur untuk memberikan karyawan baru informasi tentang latar belakang perusahaan.

Definisi Latihan (training) :
Suatu program untuk memperbaiki penguasaan berbagai ketrampilan dan tehnik pelaksanaan kerja tertentu, terinci dan rutin.

Tujuan utama dari latihan dan pengembangan adalah :
Untuk menutup “gap” antara kecakapan atau kemampuan karyawan dengan permintaan jabatan.
Untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja karyawan dalam mencapai sasaran kerja yang telah ditetapkan.

Beberapa hal yang tercakup dalam program orientasi :
1.        Masalah Organisasional :
  • Sejarah singkat organisasi  
  •  Kebijaksanan & aturan perusahaan.
  • Organisasi perusahaan                                                   
  •  Peraturan-peraturan disiplin
  • Nama dan jabatan para direktur  
  •  Prosedur keamanan.
  • Jabatan karyawan dan departemen 
  •  Buku pedoman karyawan.
  • Layout fasilitas fisik                                                                                                          
  • Proses produksi.
  • Periode percobaan                             
  • Lini produk atau jasa yang dibuat.
2.        Perkenalan :
  • Dengan Penyelia (atasan).  
  • Dengan rekan sekerja.
  • Dengan para pelatih.   
  •  Dengan bagian bimbingan karyawan.
3.        Tunjangan-tunjangan karyawan :
  • Skala pengupahan atau penggajian 
  • Asuransi
  • Cuti dan liburan   
  • Program pensiun.
  • Jam istirahat    
  •  Pelayanan organisasi terhadap para
  • karyawan
  • Latihan dan pendidikan                   
  • Program rehabilitasi
  • Konseling.
4.        Tugas-tugas jabatan :
  • Lokasi pekerjaan
  • Fungsi jabatan.
  • Tugas-tugas pekerjaan 
  •  Sasaran pekerjaan
  •   Kebutuhan keamanan 
  •  Hubungan dengan pekerja-pekerja
  • lain

Lima langkah dalam pelatihan dan proses pengembangan

1.        Analisa kebutuhan :
  • dentifikasikanlah ketrampilan-ketrampilan kinerja jabatan yang akan diperbaiki.
  • Analisis audiens, bahwa program sesuai dengan tingkat pendidikan, ketrampilan, sikap dan motivasi karyawan. 
  •  Rancangan instruksional :
  • Kumpulkan sasaran instruksional, media, gambaran, metode dan urutan dari isi, contoh, latihan dan kegiatan.
  • Pastikanlah semua bahan untuk pelatihan telah disiapkan sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan.
  • Keabsahan :
  • Perkenalkanlah dan syahkanlah pelatihan dihadapan para audiens. 
  •  Implementasi
  • Doronglah keberhasilan dengan lokakarya melatih-pelatih yang berfokus pada penyajian ketrampilan selain isi pelatihan. 
  •  Evaluasi dan tindak lanjut.

Tujuan pengembangan :
1.       Produktifitas kerja; untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas semakin baik karena meningkatkan technical skill, human skill, dan managerial skill.
2.       Efisiensi; meningkatkan efisiensi tenaga, waktu, bahan baku dan ke-ausan mesin-mesin yang dapat mengurangi pemborosan.
3.       Kerusakan; mengurangi kerusakan barang, produksi dan mesin dalam melaksanakan pekerjaan.
4.       Kecelakaan; untuk mengurangi jumlah biaya pengobatan dan kesehatan karyawan.
5.       Pelayanan; peningkatan pelayanan terhadap konsumen semakin baik.
6.       Moral; karyawan semakin bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.
7.       Karier; meningkatakan keahlian, prestasi, dan ketrampilan untuk menjadi lebih baik.
8.       Konseptual; meningkatkan kecakapan kecepatan dalam pengambilan keputusan.
9.       Kepemimpinan;  meningkatkan cara dalam perencanaan, pengarahan, pemotivasian dan pengendalian terhadap karyawan lebih baik.
10.    Balas jasa (gaji, benefit dan insentif); meningkatkannya balas jasa maka prestasi kerja semakin baik.
11.    Konsumen; semakin baik dalam pelayanan dan kualitas produk yang dihasilkan.

Jenis-jenis pengembangan, yaitu  :
1.       Pengembangan secara informal, yaitu : karyawan atas keinginan dan usahanya sendiri melatih dan mengembangkan dirinya dengan mempelajari buku-buku literatur yang ada hubungannya dengan pekerjaan dan jabatan.
2.       Pengembangan  secara formal yaitu : karyawan ditugaskan perusahaan untuk mengikuti pendidikan dan latihan, baik yang dilakukan perusahaan maupun yang dilakukan oleh lembaga pendidikan atau pelatihan.

Teknik-teknik latihan dan pengembangan :
1.       On the job training method (Metode praktis), adalah : metode dimana karyawan dilatih tentang pekerjaan baru dengan supervisi langsung seorang “pelatih” yang  berpengalaman. Biasanya menggunakan praktik-praktik :
w Rotasi jabatan, yaitu memberikan pengetahuan tentang bagian-bagian organisasi yang berbeda dan berbagai ketrampilan manajerial.
w Latihan instruktur pekerjaan, dengan cara diberikan petunjuk secara langsung tentang pelaksanaan pekerjaan mereka sekarang.
w Magang (Apprenticeships), merupakan proses belajar dari seorang / beberapa orang yang berpengalaman.
w Coaching, penyelia atau atasan memberikan pengarahan dan bimbingan kepada karyawan dalam pelaksanaan kerja rutin mereka.
w Penugasan sementara, merupakan penempatan karyawan pada posisi manajerial  atau sebagai anggota panitia tertentu untuk jangka waktu yang ditetapkan.
2.       Off the job training method, adalah pendekatan teknik presentasi informasi, bertujuan untuk mengajarkan berbagai sikap, konsep atau ketrampilan kepada para peserta. metode yang biasa digunakan adalah :
a.  Metode presentasi informasi, adalah untuk mengajarkan berbagai sikap, konsep atau ketrampilan kepada para peserta.. metode yang digunakan, yaitu :
w Kuliah adalah metode yang bersifat pasif dan tradisional yang menyampaikan informasi, banyak peserta dan biaya relatif murah.
w Presentasi video adalah metode pelengkap yang melalui media, seperti TV, films, slide dan sejenisnya.
w Metode konferensi, yaitu : metode yang berorientasi pada diskusi tentang masalah atau bidang minat baru yang telah ditetapkan sebelumnya.
w Programmed instruction, yaitu : metode yang menggunakan sistem mengajar  atau komputer untuk mempelajari topik kepada peserta dan merinci serangkaian dengan umpan balik langsung pada penyelesaian setiap langkah.
w Studi sendiri adalah teknik yang menggunakan modul tertulis, kaset atau video tape dan biasanya para karyawannya tersebar.
b.        Metode Simulasi, yaitu pendekatan dimana karyawan / peserta latihan menerima presentasi tiruan (artificial) suatu aspek organisasi dan diminta untuk menanggapinya seperti pada keadaan yang sebenarnya. Metode
b.simulasi yang biasa digunakan adalah ;
w Metode studi kasus, adalah deskripsi tertulis situasi pengambilan keputusan nyata disediakan.
w Role playing merupakan teknik suatu peralatan yang memungkinkan para karyawan untuk memainkan berbagai peran yang berbeda.
w Business games adalah suatu simulasi pengembilan keputusan skala kecil yang sesuai dengan kehidupan bisnis nyata.
w Vestibule training, adalah suatu teknik yang dilaksanakan oleh pelatih-pelatih khusus dengan area terpisah dibangun dengan berbagai jenis peralatan sama seperti yang akan digunakan pada pekerjaan yang sebenarnya.
w Latihan laboratorium adalah suatu teknik bentuk latihan kelompok yang digunakan untuk mengembangkan ketrampilan antar pribadi.
w Program-program pengembangan eksekutif adalah program latihan yang diselenggarakan di perguruan tinggi atau lembaga pendidikan lainnya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pemilihan teknik-teknik latihan dan pengembangan, yaitu :

1.        Efektifitas biaya.

2.        Isi program yang dikehendaki.

3.        Kelayakan fasilitas-fasilitas.

4.        Preferensi dan pengetahuan peserta.

5.        Preferensi dan kemampuan instruktor atau pelatih.

6.        Prinsip-prinsip belajar.

Beberapa tantangan pengembangan SDM yang merupakan faktor dalam mempertahankan karyawan yang efektif, yaitu :
1.        Keusangan (Obsolescence) terjadi bila seorang karyawan tidak lagi mempunyai pengetahuan atau kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan dengan efektif. Tanda-tanda keusangan yaitu : sikap yang kurang tepat, prestasi yang menurun, atau prosedur kerja yang ketinggalan jaman.
2.        Perubahan sosioteknis dan teknologi, misalnya penggunaan mesin-mesin otomatis, perubahan sikap budaya tentang tenaga kerja wanita.
3.        Perputaran tenaga kerja; keluar-masuknya karyawan akan berpengaruh pada sistem kerja perusahaan, sehingga pengembangan karyawan harus setiap saat.

Langkah-langkah dalam evaluasi program latihan dan pengembangan, yaitu :
1.       Kriteria evaluasi.
2.       Tes pendahuluan.
3.       Para karyawan dilatih atau dikembangkan.
4.       Tes purna (post-test).
5.       Transfer atau promosi.
6.       Tindak lanjut.

Penilaian prestasi kerja menurut Andrew F. Sikula adalah:
Evaluasi yang sistematis terhadap pekerjaan yang telah dilakukan oleh karyawan dan ditujukan untuk pengembangan.

Tujuan dan kegunaan penilaian prestasi kerja karyawan :
1.       Sebagai dasar untuk promosi, demosi, separation, dan penetapan balas jasa.
2.       Mengukur kesuksesan dalam pekerjaannya.
3.       Untuk mengevaluasi efektivitas seluruh kegiatan pekerjaan.
4.       Untuk mengevaluasi program pelatihan dan keefektifitasan jadwal kerja, metode kerja, struktur organisasi, kondisi kerja, gaya pengawasan dan peralatan kerja.
5.       Sebagai indikator untuk menentukan kebutuhan akan latihan bagi karyawan.
6.       Untuk meningkatkan motivasi kerja dan alat pengembangan kecakapan karyawan.
7.       Sebagai alat untuk mengobservasi perilaku bawahan.
8.       Untuk menilai kelemahan atau kekurangan dari karyawan dan organisasi dimasa lampau.
9.       Sebagai kriteria menentukan seleksi dan penempatan karyawan.

Standarisasi penilaian prestasi kerja dibedakan atas 2 hal yaitu :
1.       Tangible standard, yaitu : sasaran yang dapat ditetapkan alat ukurnya. Standar ini dibagi atas :
a.        Standar fisik terbagi atas : standar kuantitas (Kg, meter); standar kualitas (baik-buruk); dan standar waktu (jam, hari dan bulan).
b.        Standar uang terbagi atas : standar biaya, standar penghasilan, dan standar investasi.
2.       Intangible standar, yaitu : sasaran yang tidak dapat ditetapkan alat ukurnya, misalnya loyalitas,kesetiaan, partisipasi, perilaku dan dedikasi karyawan terhadap perusahaan.


Unsur-unsur yang dinilai, yaitu :
M Kesetiaan / loyalitas.
M Prestasi kerja
M Kejujuran
M Kedisiplinan
M Kreativitas
M Kerjasama

M Kepribadian
M Prakarsa
M Kecakapan
M Tanggung jawab
M Kepemimpinan


Metode-metode penilaian prestasi kerja

1.       Metode penilaian berorientasi masa lalu, yaitu :
a.        Rating scale adalah suatu metode yang bersifat subyektif dengan skala tertentu dari yang paling rendah sampai yang tinggi yang didasarkan pendapat penilai, yang membandingkan hasil pekerjaan karyawan dengan faktor-faktor (kriteria) yang dianggap penting terhadap pelaksanaan kerja tersebut.
b.        Checklist adalah penilai memilih kalimat atau kata yang menggambarkan prestasi kerja dan karakteristik karyawan, kemudian diberi bobot pada item-item yang berbeda pada checklist.
c.         Metode peristiwa kritis adalah : penilaian yang mendasarkan pada catatan-catatan penilai yang menggambarkan perilaku karyawan sangat baik atau sangat jelek dalam kaitannya dengan pelaksanaan kerja.
d.        Field review method adalah : metode yang melakukan peninjauan langsung ke lapangan membantu para penyelia dalam penilaian.
e.         Tes dan observasi prestasi kerja bisa didasarkan pada tes ketrampilan dan pengetahuan secara tertulis atau peragaan ketrampilan.
f.          Metode evaluasi kelompok; metode ini berguna untuk pengambilan keputusan tentang keputusan kenaikan upah, promosi dan berbagai bentuk penghargaan.
v  Metode ranking adalah penilai membandingkan karyawan yang satu dengan karyawan lain untuk menentukan siapa yang lebih baik, kemudian menempatkan karyawan dalam urutan yang terbaik sampai yang terjelek.
v  Grading or Forced distributions; pada metode ini penilaian memisah-misahkan atau “menyortir” para karyawan kedalam klasifikasi yang berbeda.
v  Point allocation method merupakan bentuk lain dari metode grading. Penial diberikan sejumlah nilai total untuk dialokasikan pada karyawan dalam kelompok.
2.       Metode-metode penilaian berorientasi masa depan yang berorientasi pada masa lalu.
a)       Penilaian diri (Self-appraisals)
b)       Penilaian psikologis (psychological appraisals)
c)       Pendekatan Management By Objektives (MBO)
d)      Tehnik pusat penilaian (Assessment centers technical)

Istilah-istilah dalam perencanaan karier :
Karier adalah :
Seluruh pekerjaan (jabatan) yang ditangani atau dipegang selama kehidupan kerja seseorang.
Jalur karier  adalah :
Pola pekerjaan-pekerjaan berurutan yang membentuk karier seseorang.
Sasaran karier adalah :
Posisi diwaktu yang akan datang dimana seseorang “berjuang” untuk mencapainya sebagai bagian dari kariernya.
Perencanaan karier adalah :
Proses melalui mana seseorang memilih sasaran karier dan jalur ke sasaran tersebut.
Pengembangan karier adalah :
Peningkatan-peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai suatu rencana karier.




 


Beberapa manfaat yang diperoleh bila departemen personalia terlibat dalam perencanaan karier adalah :
1 Mengembangkan karyawan yang dapat dipromosikan
1 Menurunkan perputaran karyawan.
1 Mengungkapkan potensi karyawan.
1 Mendorong pertumbuhan
1 Mengurangi penimbunan.
1 Memuaskan kebutuhan karyawan.
1 Membantu pelaksanaan rencana-rencana kegiatan yang telah disetujui.

Dalam prakteknya departemen personalia mendorong perencanaan karier dengan 3 cara, yaitu :
1.        Pendidikan karier, contoh : pidato pengarahan, edaran-edaran dan memorandum dari manajer puncak.
2.        Informasi pada perencanaan karier, contoh deskripsi jabatan, dan spesifikasi jabatan.
3.        Konseling karier.



Share this article :
0 Komentar Via Blog/Email
Komentar Via FB
Jika setelah anda Klik COMENT dan komentar Anda tidak keluar, harap reload halaman saja. karena sebenarnya komentar anda sudah masuk

Posting Komentar

BAGI YANG INGIN BERKOMENTAR TETAPI TIDAK PUNYA AKUN UNTUK LOG IN LEBIH BAIK MENGGUNAKAN PILIHAN "ANONYMOUS"

 
Didukung Iklan : Murahsay.com
Copyright © 2009-2014. INDAHNYA BERBAGI - All Rights Reserved
Modif template Oleh Misbahul Munir
Powered by Blogger