SELAMAT DATANG DI INDAHNYA BERBAGI

PROPOSAL KEGIATAN PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW

1comments

PROPOSAL KEGIATAN
PERINGATAN ISRA MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW
1433H / 2012 M


 I.      LATAR BELAKANG
Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW  bagi kaum muslim merupakan wujud cinta kasih kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan jalan yang menuju keridhoan Allah SWT yakni berupa agama islam yang dituntun dengan ajaran yang bersumber pada hukum islam yakni Al-Qur’an dan Al-Hadist.
Dengan memperingati Isra’ Mi’raj  Nabi Muhammad SAW diharapkan kita dapat mentauladani akhlaq yang mulia dari Nabi Muhammad SAW dan mengajarkan serta mengamalkan ajaran yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.
Sehingga akhirnya tercipta sebuah generasi yang selalu mengikuti ajaran Nabi Muhammad saw dan senantiasa berusaha untuk menjadi pribadi muslim yang sesuai dengan harapan beliau. Dan akhirnya semoga kita semua dijadikan sebagai umat yang mendapat syafa’at dari beliau kelak di hari yang tidak akan ada syafa’at kecuali dari beliau.
Ukhuwah islamiyah harus terus menerus dibangun dan dipelihara dimuka bumi ini sebagai penjabaran dari aplikasi aktif seluruh ummat muslim dalam menjaga kemaslahatan di dunia dan akherat. Melalui peringatan hari besar Islam yang rutin setiap tahun dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan ukkhuwah Islamiyah dan tali silaturahmi serta perilaku yang sesuai dengan syariat islam diawali dari lingkungan terkecil yaitu lingkungan keluarga, masyarakat dan yang lebih luas lagi.
Peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1433 H merupakan salah satu pengapresiasian dari kita selaku Ummat Islam untuk menjunjung tinggi Nabi kita semua sebagai suri tauladan di muka bumi ini. Hal ini baik sekali terutama sebagai pembelajaran kepada generasi penerus kita berikutnya. Sebagai bentuk apresiasi yang bermanfaat dan patut dilestarikan kepada anak-anak kita serta masyarakat terutama yang ada dilingkungan masjid AR-RAHMAH.
II.  NAMA KEGIATAN
      ‘’Memperingati Isra Mi’raj dan melaksanakan kegiatan perlombaan anak anak tingkat Taman Kanak-kanak (TK) atau sederajat, Sekolah Dasar (SD) atau sederajat, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau sederajat, dan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat, dan Remaja.’’


III.  TEMA KEGIATAN
‘’Dalam memperingati Isra Mi’raj nabi muhammad saw  mari kita wujudkan kreativitas muda mudi islam serta mewujudkan ukhuwah Islamiyah dan menanamkan akhlakul karimah’’

IV.  TUJUAN KEGIATAN
Membesarkan Maulidurrasul sama halnya dengan kita membesarkan Islam karena Rasulullah SAW merupakan simbol ketauladanan bagi umat Islam, yang bertujuan:
1.    Memperingati hari besar Islam “Isra Mi’raj” Nabi Besar Muhammad SAW, sebagai jelmaan kemahabbahan masyarakat pada junjungan alam penutup para anbiya.
2.  Mengadakan forum atau media persaudaraan dengan perlombaan yang mendidik
3. Media introspeksi diri dalam menjalani kehidupan sehingga berpengaruh pada daya spiritualitas masyarakat akan kualitas dan persentasi keimanan
4.  Memberikan motivasi kepada generasi penerus agar selalu memegang teguh tali agama dan dapat membentengi diri dengan keimanan dan ketakwaan yang kuat dan mantap
5. Media syiar islam dan mempererat ukhuwah islamiyah Remaja khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya

V.   PENYELENGGARA
Acara ini diselenggarakan oleh :
            1. DKM Ar-Rahmah
            2. RISMA Ar-Rahmah
            3. Masyarakat

VI.  PELAKSANA
Panitia Penyelenggara terdiri dari anggota Remaja Islam Masjid (RISMA) dengan didampingi oleh Dewan Kerja Masjid (DKM).




VII.  WAKTU DAN TEMPAT
Acara ini Insya Allah akan diselenggarakan pada:
Hari           : Minggu
Tanggal     : 02 Juni 2013
Pukul         : 08.00 s/d selesai

VIII.  SASARAN KEGIATAN
1.      Seluruh Siswa-siswi Taman Kanak-kanak (TK) / Pendidikan Usia Dini (PAUD)
2.      Seluruh Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) atau sederajat
3.      Seluruh siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau sederajat
4.      Seluruh Siswa-siswi Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat
5.      Seluruh warga Taman Banten Lestari

IX.  ACARA DAN PERLOMBAAN
Lomba yang akan dilombakan yaitu :
1.      Adzan
2.      Membaca Al-Qur’an
3.      Tahfidz Juz ‘Amma

X.    SUMBER DANA
Dana yang akan kita gunakan bersumber dari :
1.      Uang Kas DKM “Ar-Rahmah”
2.      Donatur Acara Peringatan Maulid Nabi.
3.      Peserta lomba

XI. PENUTUP
      Demikian Proposal Kegiatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW ini kami buat. Harapan kami agar kegiatan ini mampu menjadi motivasi dan inspirasi. Motivasi agar generasi mendatang menjadi lebih baik dari sekarang serta selalu bersemangat untuk mendalami ilmu islam. Inpirasi bagi seluruh umat islam umumnya dan khususnya bagi generasi muda untuk selalu berusaha meningkatkan diri dan berusaha untuk selalu mencontoh pribadi Rasulullah saw.

 
Share this article :
1 Komentar Via Blog/Email
Komentar Via FB
Jika setelah anda Klik COMENT dan komentar Anda tidak keluar, harap reload halaman saja. karena sebenarnya komentar anda sudah masuk

+ comments + 1 comments

04/05/14, 05.42

Izin copy.. Thanks..

Posting Komentar

BAGI YANG INGIN BERKOMENTAR TETAPI TIDAK PUNYA AKUN UNTUK LOG IN LEBIH BAIK MENGGUNAKAN PILIHAN "ANONYMOUS"

 
Didukung Iklan : Murahsay.com
Copyright © 2009-2014. INDAHNYA BERBAGI - All Rights Reserved
Modif template Oleh Misbahul Munir
Powered by Blogger