SELAMAT DATANG DI INDAHNYA BERBAGI

PROPOSAL USAHA DISTRO LENGKAP

0 comments

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Nama dan Alamat Perusahaan
Nama perusahaan : Pendis Tro
Alamat perusahaan : - area lamongan


1.2.    Nama dan Alamat Pemilik
Nama pemilik : M. Zaenul Efendi

1.3.    Nama dan Alamat Penanggung jawab
Nama : M. Zaenul Efendi

1.4.    Informasi tentang bisnis yang dilaksanakan
Perusahaan kami bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka pakaian serta fashion yang pastinya up to date dan cocok dengan selera masyarakat Lamongan, khususnya untuk kaum mahasiswa yang ada di Lamongan ini.
Sebelum kami menjalankan perusahaan yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai modal usaha. Untuk merencanakan pemasaran, perusahaan kami akan mempromosikan dan mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen.
Adapun maksud dan tujuan kami mendirikan perusahaan ini yaitu:
1)    Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2)    Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah memenuhinya,
3)    Mengurangi tingkat pengangguran,
4)    Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
5)    Mendapatkan keuntungan atau laba.



BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF PERUSAHAAN

2.1. Latar Belakang
Dengan semakin berkembangnya dan semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif untuk membuka suatu usaha distro yang up to date dan mengerti akan kebutuhan masyarakat terutama di kalangan remaja.
Perumahan Griya Gedong Meneng merupakan perumahan yang sudah lama dibangun dan mayoritas masyarakat di Perumahan tersebut adalah masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah maju dan modern. Mereka seringkali mencari fashion-fashion ataupun kebutuhan lainnya yang ter up to date. Jangkauan pemasaran disini juga sangat luas karena banyak dihuni oleh para mahasiswa dan terletak disekitaran daerah seperti contohnya kampung baru yang terdapat banyak mahasiswa, yang sudah pasti sangat antusias dengan dunia fashion.
Daerah sekitar Perumahan ini sangat tepat untuk membuka usaha distro, karena hingga saat ini sangat sedikit sekali atau boleh dikatakan belum ada tempat yang memberi pelayanan kebutuhan fashion di sekitar.
Perusahaan Bisnis Distro ini berdiri atas kerjasama serta keinginan dua anak muda yang memiliki hobi dan kegemaran yang sama dalam bidang fashion, karena sering bertemu dalam berbagai kegiatan di bidang fashion dan desain, dua generasi muda ini mencetuskan mendirikan sebuah usaha Distro yang dinamakan D’facha yang berdiri di Gedong Meneng, kawasan yang memiliki tingkat pendidikan dan budaya masyarakat yang melimpah daripada kota lain, tapi masih minim dalam mempromosikan pentingnya kebutuhan fashion dalam yang baik dan bekualitas bagi masyarakatnya.
Pendis Tro didirikan untuk mempelopori kecintaan generasi muda dalam bidang fashion yang up to date tanpa melupakan corak & ciri khas Indonesia.

2.2. Visi dan Misi
Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.
Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan pelanggan.
Motto :” Pendis Tro : The Satisfied Of Customers Is Number One”

2.3. Lokasi
Lokasi yang dipilih merupakan tempat yang strategis di Perumahan Griya Gedong Meneg Indah karena berada tidak jauh dari Pusat Kota, lokasi mudah terlihat dan berada di jalan utama perumahan yang merupakan jalan lalu lalang masyarakat sekitar sehingga dapat dengan mudah dicari dan didatangi.

2.4. Ruangan / Tempat yang dibutuhkan
Ruangan / Tempat yang dibutuhkan pada awal membuka usaha distro ini tidak terlalu luas dan juga tidak terlalu sempit, yakni 1 ruangan ukuran 10m x 8m.

2.5. Waktu Operasional
Waktu untuk melakukan pelayanan usaha distro ini dibuka dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul 21.00.

2.6. Kesan / Counter Style
Kesan yang akan kami bangun dalam melayani pelanggan adalah ”Comfortable and High Quality Service” sehingga pelanggan merasa nyaman berada di tempat pelayanan kami dan membuat mereka selalu ingin kembali karena pelayanan yang memuaskan.

2.7. Konsep Promosi
Membuat sebuah display di pintu gerbang perumahan dan mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan serta menyediakan brosur promosi.
Selain itu, kami juga membuat advertisement secara on-line di internet agar bisa dijangkau masyarakat luas dengan cara melakukan transaksi atau pun bisnis on-line. Dengan cara ini kami optimis Pendis Tro akan lebih mudah dan cepat dikenal oleh masyarakat.



2.8. Target Pelanggan
Target pelanggan Distro ini adalah : anak muda atau abg yang sedang terpengaruh oleh fashion- fashion yang uptodate. Mereka adalah pengguna baju-baju distro yang memiliki ciri khas tertentu.



BAB III
ANALISIS INDUSTRI

3.1. Prespektif Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya tempat usaha yang bergerak di bidang perdagangan, khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di kalangan masyarakat terutama sekitar Perumahan Griya Gedong Meneng Indah pada saat ini sangat besar.

3.2. Analisis Persaingan
Berdasarkan pemantauan dan hasil survey yang ada bahwa di sekitar lokasi tempat yang kami dirikan usaha distro ini masih belum terdapat sebuah tempat belanja pakaian dengan suasana yang nyaman dan kekeluargaan.
3.3. Segmentasi Pasar yang akan dimasuki
Distro d’facha membidik pasar kelas menengah ke bawah, dengan pemberian harga yang terjangkau dan tidak menyulitkan. Pada prinsipnya kami akan membuka usaha ini dengan suasana kekeluargaan dan pelayanan yang baik, sehingga membuat masyarakat merasa puas dengan layanan kami dan senantiasa kembali ke tempat kami. Karena segmen pasar usaha distro ini cenderung kemasyarakatan sehingga hal ini dapat memicu persaingan dengan usaha distro lainnya.
Pada awalnya pemenuhan permintaan pakaian dapat dipenuhi dari distro , akan tetapi dengan semakin tinggi populasi rakyat, maka kemampuan distro untuk memenuhi kebutuhan masyarakat semakin rendah. Hal ini mendorong kami untuk melakukan pelayanan yang baik dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.




BAB IV
DESKRIPSI USAHA

4.1. Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan pakaian dan fashion lainnya sehingga menghabiskan sampai 3 lusin pakaian dalam sehari, belum termasuk aksesoris yang semakin marak digunakan oleh masyarakat, khususnya oleh anak remaja.
Adapun kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
• Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
• Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date
• Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah luntur walau beberapa kali cuci.
Kegunaan produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
• Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
• Kualitas produk terjamin
• Sesuai dengan selera masyarakat

4.2. Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup lingkup usaha distro ini kami rancang dengan sebaik mungkin karena semua itu bisa berpengaruh terhadap maju mundurnya perusahaan kami, maka dari itu kami berusah memberikan sesuatu yang terbaik untuk konsumen.
Perusahaan Pendis Tro terletak di Lamongan. Distro ini sudah memenuhi persyaratan berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk dan akses transportasi menuju lokasi perusahaan sudah lancar.

4.3. Personalia dan Perlengkapan Kantor
¬ Pemilik : Rika anggraini
¬ Penanggung Jawab : Wawan diantoro
¬ Sekretaris : Larasati Atika
¬ Bendahara : Andrian Dwi Kusuma
BAB V
RENCANA PRODUKSI

5.1. Proses Produksi
Pada tahap awal pekerja saya akan membuat beberapa desain produk seperti baju, celana dan termasuk sepatu.  Untuk tahap berikutnya desain-desain yang telah dibuat akan diproduksi menjadi sebuah produk jadi sesuai dengan desain dan permintaan konsumen. Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, saya membutuhkan beberapa fasilitas antara lain mesin sablon, dan mesin jahit.

5.2. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari supplier atau perusahaan yang sudah terjamin dan terbukti kualitas pakaiannya dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak perusahaan maupun konsumen yang membelinya.



BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1. Penetapan Harga
Harga yang akan dikenakan adalah harga yang diperkirakan akan terjangkau oleh masyarakat sekitar. Setelah memperhitungkan dengan cukup matang, akhirnya kami tetapkan sebagai harga awal berikut adalah tabel harga jasa produk yang ditawarkan. Adapun untuk selanjutnya harga akan disesuaikan dengan perkembangan selanjutnya.
No.    Jenis Produk    Harga
1    Kemeja    > Rp.   65.000
2    Kaos    > Rp.   40.000
3    Jeans    > Rp. 90.000
4    Sepatu Boots    > Rp. 200.000
5    Blazer    > Rp.   80.000
6    Wedges    > Rp. 109.000
7    Flat Shoose    > Rp. 60.000
8    Aksesoris    Rp. 25.000- s.d Rp. 100.000

6.2. Pelaksanaan Distribusi
Distribusi yang dilakukan perusahaan kami yaitu distribusi intensif, diusahakan sebanyak mungkin agar dapat menjual produk sebanyak-banyaknya dan lebih mendekati konsumen, sehingga lebih mudah dalam penjualannya dalam menghasilkan keuntungan yang sebanyak-bantaknya.
6.3. Strategi Promosi yang akan dilakukan
Strategi yang akan kami jalankan pada perusahaan ini antara lain :
•     Membuat pamphlet-pamflet berisi produk – produk baru yang akan ditempel tiap bulannya.
•     Melakukan iklan-iklan di dunia internet baik melalui situs jejaring sosial maupun forum.
•     Membuat catalog-katalog mengenai fashion yang sedang uptodate di distro


BAB VII
PERENCANAAN ORGANISASI

7.1. Struktur Organisasi
Struktur organisasinya yaitu :
 


7.2. Job Description ( Penjelasan Tugas )
Berikut kami mmenjelaskan tugas dari setiap jabatan, diantaranya sebagai berikut :
a.    Pemilik usaha bertugas untuk memantau jalannya usaha dan menerima laporan sebulan sekali dari hasil usaha.
b.    Sekretaris bertugas untuk membuat surat-surat yang dubutuhkan oleh perusahaan, mencatat data.
c.    Bendahara bertugas untuk membuat laporan keuangan setiap bulannya.
d.    Penanggung jawab bertugas untuk bertanggung jawab mengenai kejadiankejadian yang terjadi di distro dan bertanggung jawab untuk memantau cara kerja bawahannya dalam melayani pelanggan.
e.    Karyawan bertugas melayani para pelanggan distro dengan menerapkan prinsip pelayanan prima

7.3. Latar Belakang Tim Management
Latar belakang tim management ini terdiri dari dari orang-orang terdekat yang dipercayai dapat memajukan tempat pelayanan yang berhubungan dengan usaha distro. Selain itu dituntut profesionalisme dalam menjalankan setiap pekerjaan.
Status Kepemilikan Usaha
Badan usaha adalah kesatuan yuridis ekonomis yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Adapun status kepemilikan distro Pendis Tro yaitu perseroan. Dimana pengelolaannya di lakukan langsung oleh pemilik distro.



BAB VIII
ANALISIS RISIKO

8.1. Evaluasi tentang kelemahan Usaha (Analisis SWOT)
Adapun analisis dari SWOT usaha sebagai berikut :
a.    Strength (Kekuatan)
1. Bertanggung jawab, disiplin kerja, kreatif dan inovatif
2. Dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
3. Memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan
4. Menjual produk yang berkualitas
b.     Weaknes (Kelemahan)
1. Persaingan pasar dengan perusahaan yang berskala nasional
2. Berubahnya kondisi perekonomian
c.     Oportunity (Peluang)
1. Dengan tetap manjaga mutu dan kualitas produk, kami yakin kami dapat bersaing walaupun harus bersaing dengan perusahaan berskala nasional yang akan muncul di kemudian hari.
2. Saat ini dengan belum adanya perusahaan dengan bidang usaha sejenis di Perum Griya Gedong Meneg Indah, membuat kami yakin bahwa kedepannya perusahaan kami akan maju.
d.     Threaty (Ancaman)
Munculnya Perusahaan – perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan kami, dengan style-style terbaru.

8.2. Gambaran tentang Masa Kini

Resiko yang dihadapi adalah berupa ancaman terhadap kelangsungan jumlah kunjungan pelanggan. Hal ini disebabkan semakin banyaknya distro-distro maupun outlet-outlet yang menjual pakaian dengan lebih mudah dan murah ataupun distro yang berskala internasional. Dengan ini maka lambat laun akan semakin banyak orang yang mengunjungi distro lainnya. Sebagai upaya untuk mengantisipasi hal ini, maka kami selalu memberikan dan menyediakan produk yang terbaru dan tentunya sesuai dengan selera dan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu pelanggan akan memiliki keterkaitan  dan terus merasa perlu untuk datang ke tempat kami.
BAB IX
PERENCANAAN PERMODALAN

9.1. Sumber-sumber permodalan
Sebagai sumber awal mula pendirian Pendis Tro yaitu dari pemilik distro sendiri. Sebagai investasinya untuk itu didirikanlah perusahaan dalam bidang perdagangan

9.2. Neraca Permulaan Perusahaan
a) Biaya produksi per tahun terdiri dari:
1. Modal Awal produksi
Renovasi Awal & Desain Interior Rp. 20.000.000,-
Kulakan baju grosir Rp. 600.000.000,-
Biaya Soft Opening dan Promosi awal Rp. 5.000.000,-
Biaya gaji karyawan tahun pertama Rp. 60.000.000 ,- +
Jumlah Modal Produksi Rp. 685.000.000,-
2.    Biaya lain-lain
• Listrik Rp. 12.000.000,-
• Asuransi Rp. 11.000.000,-
• Transportasi Rp. 6.500.000,-
• Administrasi Rp. 4.500.000,-
• Pajak Rp. 2.750.000,-
• Pemeliharaan gedung dan peralatan Rp. 6.000.000,- +
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,-
Total seluruh biaya produksi (1 + 2)
Jumlah modal produksi Rp. 710.000.000,-
Jumlah biaya lain-lain Rp. 42.750.000,- +
Total Rp. 667.250.000

9.3. Proyeksi Aliran Kas
Untuk distro kami proyeksi keuntungan kotor adalah 30% dari penghasilan. Rata-rata untuk distro kami ini, akan mampu menjual sekitar 950 lebih juta pertahun, sehingga jika diambil keuntungan bersih pertahun adalah sekitar 250 – 300 juta pertahun.
Sehingga, pada tahun kedua, kami sudah bisa balik modal. Dan tahun ke 3, 4 dan seterusnya, kami tinggal mengumpulkan untung dan kemungkinan besar kami gunakan untuk ekspansi ke luar daerah.

9.4. Perencanaan Laba Rugi
INVESTASI JUMLAH (RP)
Biaya tetap
1.    Penyusutan gedung dan peralatan Rp. 7.000.000,-
2.    Gaji pegawai Rp. 60.000.000,-
3.    Jumlah Rp. 67.000.000,-
Biaya variable/ produksi
Kulakan baju grosir Rp. 600.000.000,-
Jumlah Rp. 600.000.000,-
Biaya-biaya lain
1.    Listrik
2.    Asuransi
3.    Transportasi
4.    Administrasi
5.    Pajak Rp. 12.000.000,-
6.    11.000.000,-
7.    6.500.000,-
8.    Rp. 4.500.000,-
9.    Rp. 2.750.000,-
10.    Total Modal produksi Rp. 36.700.000,-
TOTAL MODAL (PENGELUARAN) Rp. 703.700.000,-
Pendapatan
Penjualan aneka pakaian dan fashion Rp. 960.000.000,-
TOTAL PENDAPATAN Rp. 960.000.000,-
PROYEKSI LABA/RUGI(KEUNTUNGAN)
Total Pendapatan
Total modal / Pengeluaran
Rp. 960.000.000,-
Rp. 703.700.000,-
TOTAL KEUNTUNGAN BERSIH Rp. 256.300.000,-

BAB X
APENDIKS

Sebagai pelangkap dari proposal ini, maka kami lampirkan pula
•    Daftar Harga dari Pemasok Barang
•    Surat Tanda Daftar Usaha Perdagangan
•    Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
 
Share this article :
0 Komentar Via Blog/Email
Komentar Via FB
Jika setelah anda Klik COMENT dan komentar Anda tidak keluar, harap reload halaman saja. karena sebenarnya komentar anda sudah masuk

Posting Komentar

BAGI YANG INGIN BERKOMENTAR TETAPI TIDAK PUNYA AKUN UNTUK LOG IN LEBIH BAIK MENGGUNAKAN PILIHAN "ANONYMOUS"

 
Didukung Iklan : Murahsay.com
Copyright © 2009-2014. INDAHNYA BERBAGI - All Rights Reserved
Modif template Oleh Misbahul Munir
Powered by Blogger