SELAMAT DATANG DI INDAHNYA BERBAGI

MAKALAH DIREKTUR DAN MANAJER YANG BAIK

2comments


Judul : Direktur dan Manajer yang baik




DAFTAR ISI

HALAMAN DEPAN.................................................................................................. i
KATA PENGANTAR............................................................................................... ii
DAFTAR ISI ............................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN.............................................................................. ........... 1
1.1    LATAR BELAKANG................................................................................... 1
1.2    RUANG LINGKUP....................................................................................... 2
1.3    TUJUAN PENULISAN................................................................................. 3
1.4    PERMASALAHAN....................................................................................... 3
1.4.1        Apakah yang di maksud direktur dan manajer?............................. 3
1.4.2        Bagaimanakan direktur dan manajer yang baik itu ?.................... 3

BAB II LANDASAN TEORI ................................................................................... 4
2.1    DIREKTUR DAN MANAJER .................................................................... 4
2.2    DIREKTUR DAN MANAJER YANG BAIK............................................ 5

BAB III PEMBAHASAN ......................................................................................... 7
3.1    PENGERTIAN DIREKTUR DAN MANAJER ....................................... 7
3.1.1 DIREKTUR........................................................................................... 7
3.1.2 MANAJER............................................................................................. 8
3.2    DIREKTUR DAN MANAJER YANG BAIK ........................................... 9
BAB IV PENUTUP ................................................................................................. 15
4.1    KESIMPULAN ............................................................................................ 15
4.1.1        Pengertian direktur dan manajer ..................................................... 15
4.1.2        Direktur dan manajer yang baik ...................................................... 15
4.2    SARAN ......................................................................................................... 15
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN

1.1  LATAR BELAKANG

Kepemimpinan   yang   efektif   sangat   dipengaruhi   oleh   kepribadian pemimpin. Setiap pemimpin perlu memiliki aspek-aspek kepribadian yang dapat menunjang usahanya dalam mewujudkan hubungan manusia yang efektif dengan anggota organisasinya.   Kesuksesan atau kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh banyak hal,  yang salah satunya adalah kepemimpinan yang berjalan dalam organisasi tersebut.
Pemimpin yang sukses adalah apabila pemimpin tersebut mampu menjadi pencipta dan pendorong bagi bawahannya dengan menciptakan suasana dan budaya kerja yang dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan kinerja karyawannya.
Pemimpin tersebut  memiliki kemampuan untuk memberikan  pengaruh  positif  bagi  karyawannya  untuk  melakukan  pekerjaan sesuai dengan yang diarahkan dalam rangka mencapai tujuan yang ditetapkan.
Motivasi  mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan dan motivasi tidak hanya berwujud kebutuhan ekonomis yang bersifat materil saja (berbentuk uang) akan tetapi motivasi karyawan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor akan keberhasilan pelaksanaan karyawan dalam bekerja, pengakuan akan keberhasilan dalam bekerja, tanggung jawab, dan pengembangan pegawai.
Pemimpin perlu mempertimbangkan upaya  untuk  memotivasi karyawannya agar   bekerja dengan baik.   Apabila motivasi bekerja karyawan rendah  maka  kinerja karyawan akan  menyusut  seakan-akan kemampuan  yang mereka miliki rendah. Motivasi dan pembangkitan motivasi merupakan sebuah fungsi manajemen yang penting untuk dilakukan. Motivasi juga menggambarkan hubungan antara harapan dan tujuan dengan hal yang dilakuka n untuk mendorong seseorang melakukan sesuatu dengan motivasi yang bersifat positif dan negatif yang dapat digunakan seorang pemimpin agar karyawan mau bekerja giat dan optimal untuk mencapai tujuan perusahaan.
Motivasi mempersoalkan bagaimana caranya mengarahkan daya dan potensi bawahan, agar mau bekerja sama secara produktif berhasil mencapai dan mewujudkan tujuan yang telah ditentukan dan motivasi tidak hanya berwujud kebutuhan ekonomis yang bersifat materil saja (berbentuk uang) akan tetapi motivasi karyawan juga dipengaruhi oleh faktor-faktor akan keberhasilan pelaksanaan karyawan dalam bekerja Kepemimpinan merupakan hal yang amat dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Karena pada hakikatnya setiap organisasi, kelompok maupun komunitas pasti memiliki sistem kepemimpinan. Baik yang secara formal tertulis berikut dengan struktur organisasi maupun kepemimpinan yang sifatnya tidak formal. Setap organisasi, kelompok maupun komunitas membutuhkan seorang pemimpin (leader) sebagai panutan kehidupan mereka skaligus sebagai penengan (problem solver) dari setiap masalah yang ada , juga sebagai pengambil keputusan. Sayangnya banyak orang  yang masih kurang memahami pentingnya kepemimpinan. Beruntung saat ini ilmu tentang kepemimpinan mulai diperhatikan sehingga muncullah berbagai training-training kepemimpinan bahkan muncul pula diklat-diklat kepemimpinan di tingkat kampus dan sekolah.
Maraknya diklat-diklat kepemimpinan tersebut sebenarnya sangatlah lumrah. Pasalnya,  setiap manusia sebenarnya memang terlahir untuk menjadi seorang pemimpin. Sayangnya dibutuhkan dana yang lumayan besar untuk mengikuti training-training kepemimpinan bahkan sekedar untuk konsultasi saja biaya yang dikeluarkan tidak bisa dibilang sedikit. Dengan kata lain pelatihan kepemimpinan ini hanya bisa dinikmati oleh golongan menengah keatas. Tapi ada juga hal yang ironi misalnya dalam pelatihan kepemimpinan ditingkat sekolah. Kebanyakan remaja enggan mengikuti pelatihan kepemimpinan dengan alasan malas. Menyikapi hal tersebut makalah ini hadir dengan maksud untuk mempelajari lebih jauh mengenai kepemimpinan baik direktur ataupun manajer. Terutama  kepemimpinan dalam perusahaan yang hingga akhirnya kami akan membahas makalah yang berjudul “Direktur dan Manajer yang Baik” .

1.2   RUANG LINGKUP
Sejak nenek moyang dahulu kala, kerjasama dan saling melindungi telah muncul bersama-sama dengan peradapan manusia. Kerjasama tersebut muncul pada tata kehidupan sosial masyarakat atau kelompok-kelompok manusia dalam rangka untuk mempertahankan  hidupnya  menentang  kebuasan binatang dan menghadapi alam sekitarnya.
Berangkat  dari  kebutuhan  bersama  tersebut,  terjadi  kerjasama  antar manusia dan mulai unsur-unsur  kepemimpinan.  Orang yang ditunjuk sebagai pemimpin dari kelompok tersebut ialah orang-orang yang paling kuat dan pemberani, sehingga ada aturan yang disepakati secara bersama-sama misalnya seorang pemimpin harus lahir dari keturunan bangsawan, sehat, kuat, berani, ulet,  pandai,  mempunyai  pengaruh  dan  lain-lain.  Hingga  sampai  sekarang seorang pemimpin harus memiliki syarat-syarat yang tidak ringan, karena pemimpin sebagai ujung tombak kelompok.
Sebab-sebab Timbulnya Pemimpin

Ada beberapa pendapat mengenai sebab-sebab timbulnya pemimpin antara
lain:
1.       Teori Genetis
 Teori ini menyatakan:
a. Pada dasarnya pemimpin itu tidak dibuat melainkan lahir sebagai pemimpin, dan sudah ada sejak dia lahir.
b.  Memang sudah ditakdirkan jadi pemimpin.

2.  Toeri Sosial
Teori ini menyatakan:
a.     Seorang pemimpin harus ditetapkan  dan dibentuk, dengan kata lain tidak lahir begitu saja.
b.  Setiap orang dapat jadi pemimipin.



3.  Teori Ekologi
Teori  ini muncul  sebagai  reaksi dari kedua teori di atas,  menyatakan bahwa  seorang  akan sukses  sebagai  pemimpin  jika  sejak  lahir  sudah memiliki bakat kepemimpinan kemudian bakat itu dikembangkan melalui pengalaman dan usaha pendidikan, juga sesuai dengan tuntutan ekologinya/lingkungan.

seorang  pemimpin  harus  mampu  melakukan  segala  sesuatu  yang  terkait dengan kebutuhan kelompok.
Zaman sekarang berbeda kalau dibandingkan dengan zaman dahulu. Pemimpin sekarang tidak mungkin mampu menyelesaikan seluruh pekerjaan. Sekarang yang dibutuhkan bukan lagi pemimpin yang mampu menyelesaikan tugas itu, tetapi seorang pemimpin harus mempunyai kemampuan membuat rencana, melaksanakan rencana dan memutuskan segala sesuatu yang perlu.
Walaupun demikian pandangan kepemimpinan kuno dan modern terhadap pemimpin tetap sama, yaitu :
1. Pemimpin berkewajiban untuk melayani dan memenuhi kebutuhan kelompok.  Bila  kebutuhan  kelompok  tidak terpenuhi  maka  pemimpin tidak lagi dipandang  sebagai pemimpin  dan  akan mencari pemimpin yang baru.
2. Pemimpin  harus  dapat  menggerakkan  dan  mempengaruhi  anak buah/anggota kelompok sehingga mereka bersedia melakukan perintah.
3. Pemimpin memberi petunjuk jalan cara kerja anggota kelompok
4. Pemimpin tidak mementingkan diri sendiri, segala tindakan untuk kepentingan kelompok.


1.3   TUJUAN PENULISAN
Dalam pembuatan karya ilmiah ini kami penulis bertujuan
1.3.1    Agar dapat mengerti apa yang dimaksud dengan direktur atau manajer.
1.3.2    Untuk mengetahui bagaimanakah direktur dan manajer yang baik.

1.4   PERMASALAHAN
1.4.1        Apakah yang di maksud direktur dan manajer?
1.4.2        Bagaimanakan direktur dan manajer yang baik itu ?






BAB II
LANDASAN TEORI


2.1 DIREKTUR DAN MANAJER

Direktur atau manajer juga dapat di golongkan sebagai pemimpin, pemimpin para anggota yang ada di organisasi, perusahaan ataupun yang lainnya.
kepemimpinan   adalah   sebuah   pendekatan   yang   digunakan   untuk   memahami suksesnya  kepemimpinan,  dalam hubungannya  di mana pusat  perhatian  ditujukan pada yang dilakukan oleh pemimpin.
Pemimpin adalah seorang yang dipilih dari kelompoknya karena memiliki kelebihan-kelebihan  tertentu, selanjutnya diberi tugas untuk memimpin anak buahnya  mencapai  tujuan  yang  telah ditetapkan  oleh kelompok. Untuk kelancaran tugas diberikan hak-hak istimewa dibandingkan dengan anggota kelompok lain.

Beberapa  teori  mengenai  kepemimpinan  menurut  Winardi  (2000)  adalah sebagai berikut:
1. Teori otokratis
     Kepemimpinan  menurut  teori ini didasarkan  atas perintah,  pemaksaan  dan tindakan yang agak arbiter dalam hubungan pimpinan dengan pihak bawahan.
2. Teori psikologis
     Pendekatan ini kepada kepemimpinan menyatakan bahwa fungsi seorang pemimpin adalah mengembangkan sistem motivasi terbaik.
3. Teori sosiologis
     Pihak lain menganggap bahwa kepemimpinan terdiri dari usaha-usaha yang melancarkan aktivitas para pemimpin dan yang berusaha untuk menyelesaikan setiap konflik organisatoris antara pengikut.
4. Teori suportif
     Pihak pemimpin beranggapan bahwa para pengikutnya ingin berusaha sebaik- baiknya dan dapat memimpin dengan sebaik-baiknya melalui tindakan membantu mereka.
5.   Teori ìLaissez Faireî
     Pemimpin memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada bawahan dalam hal menentukan aktivitas mereka.
6.   Teori perilaku pribadi
     Kepemimpinan  dapat  pula  dipelajari  berdasarkan  kualitas  pribadi  ataupun pola-pola   kelakuan   para  pemimpin.   Pemimpin   tidak  berkelakuan   sama ataupun melakukan tindakan identik dalam situasi yang dihadapinya.
7.   Teori sifat



2.2                   DIREKTUR DAN MANAJER YANG BAIK
            Direktur dan manajer atau juga pemimpin yang baik menurut bebarapa tokoh adalah sebagai berikut :
            Menurut Winardi  (2000) Sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin antara lain:
a.  Intelegensi
b. Inistif
c.  Energi atau rangsangan
d. Kedewasaan emosional
e.  Persuasif
f.  Skill comunicative
g. Kepercayaan kepada diri sendiri
h. Perspektif
i.  Kreativitas dan partisipasi sosial.
selengkapnya silahkan download ........




 UNTUK MELIHAT FILE LENGKAPNYA SILAKAN
UNTUK DOWNLOAD ADA DI BAWAH
 
 Perbesar tekan : Ctrl + Shift + arah kanan                         Perkecil tekan : Ctrl + Shift + arah kiri
 
INGIN FILE LEBIH LENGKAP DAN TINGGAL PRINT KLIK :
*sebelum download mohon like grub fb yang menseponsori blog ini
DOWNLOAD
untuk iformasi cek disini

cara download
- Klik download
- Tunggu hingga mengarah pada MEDIAFIRE ada tulisan download warna hijauh disamping
- Klik dan tunggu untuk download

 


Share this article :
2 Komentar Via Blog/Email
Komentar Via FB
Jika setelah anda Klik COMENT dan komentar Anda tidak keluar, harap reload halaman saja. karena sebenarnya komentar anda sudah masuk

+ comments + 2 comments

Anonim
24/11/13, 22.26

bolh gk saya download,,,saya lagi bikin skripsi...thnkz sblumnya

Anonim
29/11/13, 08.44

terima kasih atas upload makalahnya.. bolehkan saya mendownload filenya. terima kasih sebelumnya

Posting Komentar

BAGI YANG INGIN BERKOMENTAR TETAPI TIDAK PUNYA AKUN UNTUK LOG IN LEBIH BAIK MENGGUNAKAN PILIHAN "ANONYMOUS"

 
Didukung Iklan : Murahsay.com
Copyright © 2009-2014. INDAHNYA BERBAGI - All Rights Reserved
Modif template Oleh Misbahul Munir
Powered by Blogger