SELAMAT DATANG DI INDAHNYA BERBAGI

PROFIL UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UNBRA/UNIBRAW/UB)

0 comments

UNIVERSITAS BRAWIJAYA (UNBRA/UNIBRAW/UB)


Universitas Brawijaya atau UNBRA atau UNIBRAW atau sering disingkat UB merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri yang berdiri pada tahun1963 melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden no. 196 tahun 1963 yang kemudian tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Brawijaya. Empat puluh empat tahun kemudian, UB mendapat persetujuan Dirjen Dikti untuk menjadi perguruan tinggi Otonom pada tanggal 29 November 2007. Saat ini UB merupakan salah satuperguruan tinggi negeri yang terkemuka di Indonesia yang mempunyai jumlah mahasiswa lebih dari 50 ribu orang dari berbagai strata mulai program Diploma, program Sarjana, program Magister, dan program Doktor selain program Spesialis tersebar dalam 10 Fakultas dan 2 Program pendidikansetara fakultas. Universitas Brawijaya pada 10 Januari 2009 mendapatkan akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melalui Keputusan BAN PT No. 015/BAN-PT/Ak-II/Inst/I/2009. Dengan demikian, UB adalah 1 dari 2 perguruan tinggi di Jawa Timur yang terakreditasi A yaitu bersama Intitut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Lahan kampus utama seluas 58 ha terletak di kawasan barat kota Malang, tepatnya di Jalan Veteran. Gedung-gedung dalam Kampus pada umumnya berarsitektur Jawa yang ditata sedemikian rupa sehingga menyatu dengan suasana kampus yang asri dan rindang. Untuk meningkatkan efisiensi penggunaan lahan kampus, gedung-gedung UB kebanyakan berlantai 3 bahkan di beberapa fakultas gedungnya berlantai 7. Kini UB juga membuka kampus di kota Kediri.
Gedung kantor pusat berlantai 8 dengan bangunan yang sangat khas, saat ini menjadi maskot UB. Secara keseluruhan UB memiliki aset tanah seluas 1.813.664 m2 (181 ha). Dari luas tanah tersebut 58 ha terletak di dalam Kota Malang dan merupakan wilayah utama kegiatan universitas. Lahan seluas 73 ha merupakan lahan laboratorium dan lahan percobaan di propinsi Jawa Timur di luar kota Malang, yaitu di Cangar, Jatikerto, Daudan Sumberpasir. Sedangkan sisanya, seluas 92 ha, terletak di Lampung dan merupakan lahan percobaan untuk bidang pertanian
Kehidupan kampus UB dan sekitar kampus juga sangat nyaman, aman, dan biaya hidup yang murah. Bagi yang menuntut ilmu di UB, ada beberapa alternatif tempat tinggal di dalam dan sekitar kampus antara lain asrama mahasiswa di Griya Brawijaya, rumah kost, dan rumah kontrak. Lokasi rumah kontrak atau kost untuk lingkungan kampus berada di daerah Watugong, Ketawang Gede (Kerto), Sumbersari, Jalan Gajayana, dan lain-lain. Untuk sampai di kampus UB dari lokasi tersebut dapat dijangkau dengan jalan kaki, kendaraan pribadi, atau kendaraan umum seperti berbagai macam jalur angkutan kota yaitu LDG, ADL, AL, GL, LG, JPK, TSG, JDM. Untuk Kampus Fakultas Teknik, Ilmu Administasi, Ekonomi dan Pasca Sarjana dilalui jalur angkot ADL, LDG, JPK dan TSG. Sedangkan untuk jalur yang melalui gerbang utama kampus Brawijaya (Jalan Veteran) yaitu angkot AL, GL, LG, dan JDM. Selain angkutan kota tersedia juga taksi yang melalui jalur kampus.
Sebagian besar mahasiswa Universitas Brawijaya adalah pemeluk agama Islam. Di lingkungan Kampus tersedia masjid pusat yaitu Masjid Raden Patah, mushola-mushola yang tersebar di berbagai fakultas maupun jurusan. Di dekat lingkungan kampus juga tersedia Vihara untuk penganut agama Budha, sedangkan untuk umat Kristen, gereja berada di daerah Ijen, Jl Bromo.


Program Akademik
Sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 232/U/2000, pendidikan akademik yang terdiri atas program sarjanaprogram magister dan program doktor, adalah pendidikan yang diarahkan terutama pada penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesenian. Pendidikan profesional adalah program pendidikan diploma yang diarahkan terutama pada kesiapan penerapan keahlian tertentu, sedang kan pendidikan profesi adalah pendidikan tambahan setelah program sarjana untuk memperoleh keahlian dan sebutan profesi dalam bidang tertentu. Saat ini Universitas Brawijaya memiliki 12 Fakultas dan 2 Program seatara Fakultas, 74 Program Studi S-1, 37 Program Studi S-2, 17 Program Studi S-3, 16 Program Dokter Spesialis 1 (Sp-1), 14 Program D-3, dan 1 Program D-1.
·        Fakultas Hukum
·        Fakultas Ekonomi dan Bisnis
·        Fakultas Ilmu Administrasi
·        Fakultas Ilmu Budaya
·        Fakultas Pertanian
·        Fakultas Peternakan
·        Fakultas Teknik
·        Fakultas Kedokteran
·        Program Kedokteran Hewan
·        Program Vokasi
·        Program Pascasarjana

Prestasi dan Keunggulan

Pada tahun 2008, UB masuk rangking 500+ dunia versi THES (QS World University Rangkings) bersama-sama 7 perguruan tinggi lain di Indonesia dan masuk peringkat 3 diantara perguruan tinggi di Indonesia versi Ditjen Dikti. Pada tahun 2009, masuk rangking 191 di Asia menurut THES. Saat ini UB sebagai ”World Class Entrepreneurial University” telah mendapatkan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) A dan mayoritas program studi telah terakreditasi A. Pada tahun 2010, UB mendapat penghargaan dari Smart Campus Award 2010, dimana UB menjadi yang terbaik dalam kategori The Most Interactive LocalNode. Mendapat peringkat 59 Asia Tenggara versi Webomatrics. Di bidang penelitian, publikasi ilmiah dosen dan perolehan patent, pada tahun 2010 telah meraih prestasi peringkat 5 terbaik dari seluruh PT di Indonesia.
Share this article :
0 Komentar Via Blog/Email
Komentar Via FB
Jika setelah anda Klik COMENT dan komentar Anda tidak keluar, harap reload halaman saja. karena sebenarnya komentar anda sudah masuk

Posting Komentar

BAGI YANG INGIN BERKOMENTAR TETAPI TIDAK PUNYA AKUN UNTUK LOG IN LEBIH BAIK MENGGUNAKAN PILIHAN "ANONYMOUS"

 
Didukung Iklan : Murahsay.com
Copyright © 2009-2014. INDAHNYA BERBAGI - All Rights Reserved
Modif template Oleh Misbahul Munir
Powered by Blogger