SELAMAT DATANG DI INDAHNYA BERBAGI

Puisi Daerah Jawa Tengah dan asal usul

0 comments

Menthok – Menthok
(JAWA TENGAH)


Cipt. Rc hardjasoebrat


Menthok... Menthok... Tak kandhani
Mung rupamu... Angisin - ngisini
Mbok yo ojo ngetok ono kandang wae
Enak - enak ngorok ora nyambut gawe
Menthok... Menthok... Mung lakumu...
Megal - megol nggawe ngguyu...


ASAL-USUL

Ini adalah salah satu warisan budaya bangsa yang berasal dari tanah Jawa. Biasanya lagu ini digunakan untuk mengiringi permainan tradisional anak-anak di desa. Ada pula yang mengaransemen ulang lagu ini untuk mengiringi tarian Jawa, baik klasik ataupun modern. Menthog sendiri bisa diartikan sebagai entog atau hewan yang masih satu ras dengan bebek. Dibalik asal lagu tersebut, ternyata lagu menthog menthog ini mengandung filosofi yang sangat dalam, yaitu mengajarkan masyarakat untuk membentuk sebuah karakter kuat agar saat dewasa kelak dapat bekerja keras mencari nafkah.
Dari lirik diatas terdapat barisan kata “Enak enak ngorok, ora nyambut gawe” yang artinya enak-enak tidur, tidak bekerja atau bisa disebut sebagai pemalas. Ya memang, orang yang berumur produktif, sehat jiwa dan raga, sehari-harinya hanya berdiam di rumah bahkan tak mau mencari kerja sangatlah wajar jika dikatakan sebagai pemalas. Padahal jika disadari, sifat malas sebenarnya hanya sebuah ego yang akan menarik kita dalam kesusahan & kemiskinan.
Ada yang mengatakan bahwa kaya dan miskin adalah takdir Tuhan. Tapi manusia bisa mengubah takdir itu dengan cara berusaha keras untuk mengubah nasib menjadi lebih baik. Tak usah jauh-jauh, masih ingat almarhum Bob Sadino, dulunya dia hanyalah supir taxi dan kuli bangunan hingga akhirnya bisa masuk sebagai jajaran orang kaya di Indonesia karena ia mau bekerja keras. Ada pula Tukul Arwana, dulu dia pun hanyalah supir angkutan dan penyiar radio humor dengan bayaran sangat kecil namun nasibnya mujur karena dia mau bekerja keras di bidang entertainment. Masih banyak orang yang sekarang kita kenal sebagai orang sukses dimana dulunya hidup miskin & penuh keprihatinan.

Sumber : Rangkuman hasil Search Googling
Share this article :
0 Komentar Via Blog/Email
Komentar Via FB
Jika setelah anda Klik COMENT dan komentar Anda tidak keluar, harap reload halaman saja. karena sebenarnya komentar anda sudah masuk

Posting Komentar

BAGI YANG INGIN BERKOMENTAR TETAPI TIDAK PUNYA AKUN UNTUK LOG IN LEBIH BAIK MENGGUNAKAN PILIHAN "ANONYMOUS"

 
Didukung Iklan : Murahsay.com
Copyright © 2009-2014. INDAHNYA BERBAGI - All Rights Reserved
Modif template Oleh Misbahul Munir
Powered by Blogger