PROYEKSI USAHA JASA
TRAVEL MUNIR ASIK LAMONGAN - MALANG
Disusun Oleh :
MISBAHUL MUNIR
041110030
FAKULTAS EKONOMI MANAJEMEN 5 A
UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan semesta alam, Allah yang Maha Besar senantiasa menurunkan hikmah bagi setiap manusia. Juga merupakan suatu karunia yang sangat berharga hingga penulis dengan kuasa-Nya menyelesaikan tugas Proyeksi Usaha untuk mata kuliah Anggaran Perusahaan.
Selain itu penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Abit Muhtarom selaku dosen mata kuliah Studi Anggaran Perusahaan dan pihak-pihak lain yang membantu proses penyelesaian proyeksi ini.
Semoga apa yang telah terangkum dalam proyeksi ini bermanfaat bagi kita semua khususnya saya pribadi untuk kedepanya. Tak lupa kritik dan saran yang penulis butuhkan dalam menjalankan usaha ini di kemudian hari amin.
Lamongan 12 Februari 2014
Penulis
Misbahul Munir
DAFTAR ISI
I. Latar Belakang
II. Aspek Pasar dan Pemasaran
III. Aspek Teknik dan Teknologi
IV. Aspek Manajemen
V. Aspek Sumber Daya Manusia
VI. Aspek Keuangan
VII. Aspek Lingkungan Hidup
VIII. Aspek Sosial
IX. Aspek Yudiris
X. Rangkuman dan Rekomendasi
I. LATAR BELAKANG PENDIRIAN PROYEK
Pesatnya pertumbuhan bisnis dan industri di kota Lamongan , mengakibatkan makin besar dan makin padatnya kota Lamongan. Banyak orang Lamongan yang kuliah di kota Malang , dan juga cukup banyak yang membawa keluarganya ke Malang yang disebabkan berwisata dan pelatihan kerja.
Disamping itu hubungan bisnis antara kota Lamongan dan kota Malang juga cukup banyak, hal ini terlihat dari banyaknya barang-barang produksi yang dikirim ke Lamongan atau sebaliknya.
Sehingga pertumbuhan lalu lintas kendaraan antara kota Lamongan dan Malang sangat tinggi. Otomatis permintaan transportasi meningkat, sementara itu transportasi umum yang tersedia adalah Bus, tetapi kurang dikelola dengan baik.
Akibat meningkatnya pendapatan penduduk dan kebutuhan pokoknya sudah terpenuhi, sehingga mereka memerlukan transportasi yang lebih nyaman, aman, tidak repot dan capek. Disamping itu untuk mengurangi biaya dibanding menggunakan mobil pribadi, dan bagi mereka yang tidak tahu jalan menuju alamat yang dituju, maka mereka memerlukan Jasa Transportasi Jenis ini.
II. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN
Produk & Segmentasi
Produk usaha ini adalah mengantar penumpang dari alamat di Lamongan ke alamat mereka di Malang atau dari alamat di Malang diantar ke alamat mereka di Lamongan. Segmentasi adalah pada masyarakat menengah ke atas di kota Lamongan dan Malang.
Permintaan
Dari hasil survey menyebutkan bahwa:
- Trayek bus Lamongan – Malang ramai, hampir setiap + 0,5 jam sekali berangkat ke Malang dengan penumpang rata-rata 90% terisi. Total penumpang Lamongan – Malang pulang-pergi mencapai + 2000 orang perhari.
Sehingga dengan pelayanan kami yang lebih baik atau diatas mereka, diperkirakan 5% dari total permintaan menginginkan pelayanan yang lebih baik, yaitu: 5% x 2000 = 100 orang perhari atau 100 orang x 30 hari = 3000 orang perbulan.
Pesaing
Jenis Travel Munir Asik seperti ini dikota Lamongan belum banyak, sehingga tingkat persaingan tidak terlalu tinggi.
Peluang
Atas dasar analisa permintaan dan pesaing, maka proyeksi omset usaha ini adalah:
Bulan Target penumpang (orang)
kenaikan
(%)
Bulan-1 2100 70
Bulan-2 2400 80
Bulan-3 2700 90
Bulan-4 3000 100
Bulan-5 3150 105
Bulan-6 3300 110
Bulan-7 3450 115
Bulan-8 3600 120
Bulan-9 3725 125
Bulan-10 3725 125
Bulan-11 3725 125
Bulan-12 3725 125
Awal bulan operasi diperkirakan omset masih kecil, karena banyak yang belum tahu, dan untuk bulan-bulan selanjutnya akan meningkat terus sejalan dengan penyebaran informasi serta meningkatnya pendapatan masyarakat.
Rate penunpang:
Ongkos yang dikenakan perpenumpang adalah Rp 50.000.
III. ASPEK TEKNIS DAN TEKNOLOGI PRODUKSI Armada diperlukan
Untuk mengangkut 100 orang, maka banyaknya mobil yang diperlukan adalah:
Operasional 1 mobil Lamongan-Malang pp = 2 kali perhari (4 rate), muatan 1 mobil sebesar 10 orang, maka 1 mobil mampu mengangkut penumpang perhari adalah 4 x 10 = 40 orang. Sehingga untuk mengangkut 100 orang diperlukan mobil sebanyak 100 /40 = 2,5 mobil atau 3 mobil.
Aset usaha yang harus dibeli adalah
- Kontrak Ruko di Lamongan 1 tahun Rp 25.000.000
- Kontrak Ruko di Malang 1 tahun Rp 25.000.000
- Mobil 3 unit x @ Rp 130.000.000 Rp 390.000.000
- Meja & Kursi 4 unit x @ Rp 500.000 Rp 2.000.000
- Filling Cabinet 2 unit x @ Rp 250.000 Rp 500.000
- Kursi 4 unit x @ Rp 125.000 Rp 500.000
- Computer 2 & Printer x @ Rp 3.000.000 Rp 6.000.000
- Lain-lain Rp 1.000.000
Total Rp 450.000.000
IV. ASPEK MANAJEMEN
Usaha travel merupakan usaha menengah ke atas dibidang jasa transportasi. Untuk menunjang keberhasilan usaha travel ini maka diperlukan struktur organisasi yang jelas dan bertanggung jawab. Adapun struktur organisasi dalam usaha travel adalah sebagai berikut:
1. Bagian sopir (6 orang)
Bertugas untuk mengantar penumpang ke tujuan atau alamat yang yang dituju penumpang.
2. Bagian administrasi (2 orang)
Bertugas untuk melakukan pencatatan terhadap setiap transaksi dalam kegiatan usaha travel. Termasuk menerima pesanan dari pelanggan.
3. Bagian keuangan (1 orang)
Bertugas untuk mengelola kas perusahaan. Bagian ini bertanggung jawab terhadap keuangan usaha travel ini.
Dengan struktur organisasi tersebut diatas diharapkan dapat mengelola sumber daya yang ada untuk mencapai hasil atau tujuan usaha secara efektif dan efisien. Efektif adalah melakukan apa saja yang diperlukan untuk mencapai sasaran, sedangkan efisien adalah melakukan sesuatu dengan cara sebaik mungkin, sehingga sumber daya dapat digunakan pada tingkat optimum. Dimana pada akhirnya setiap usaha yang dijalankan tentunya bertujuan untuk mencari laba atau keuntungan.
V. ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
A. Berikut adalah Pelaksana Bisnis
• Manajer : Dwito Rudez, SE.MM
• Kabag Accounting : Maria Marcedez, SE
• Kabag Administrasi : Bita Camelia, SE
• Kabag Perlengkapan : Surti Tejo, SE
B. NAMA PEGAWAI
Daftar nama pegawai kegiatan usaha travel sebagai berikut :
No. Bagian Nama
1 Sopir 1. Darmawan
2. Kukoh
3. A’an
4. Antok
5. Irfandi
6. Dany
2. Administrasi 1. Sari
2. Binda
3. Keuangan 1. Itak
C. Pegawai
TAHAP PEREKRUTAN
Cara pencarian pegawai melalui media koran lokal dan radio setempat dengan kriteria sbb :
1. Sopir Pria
Usia Maksimal 45 Tahun
Pendidikan Minimal SMA
Mampu Berkomunikasi Dengan Baik dan Lancar dan mempunyai SIM A
2. Administrasi Wanita
Usia Maksimal 25 Tahun Berpenampilan Menarik Lulusan SMA/D1 s/d S1
Fresh Graduated Belum Menikah Menguasai Ms. Office
Memiliki Pengalaman Di Bidang Administrasi 1 Tahun
3. Keuangan
Wanita
Usia Maksimal 25 Tahun Berpenampilan Menarik Pendidikan Minimal D3 Akutansi Belum Menikah Menguasai Ms. Office
Diutamakan Yang Sudah Berpengalaman
TAHAP SELEKSI
Tes Tulis
Tes Komputer ( Bag. Administrasi & Keuangan ) Wawancara atau Interview
JAM KERJA
Sopir
07.00 wib
11.00 wib
15.00 wib
Administrasi
06.00 s/d 16.00
Keuangan
06.00 s/d 16.00
GAJI PEGAWAI
Sopir Rp. 1.000.000,00
Administrasi Rp. 1.000.000,00
Keuangan Rp. 1.000.000,00
Penjelasan lain tentang sumber daya manusia di CV. Travel Munir Asikadalah dengan menerapkan sistem training selama 1 bulan, setelah itu para trainer dikontrak menjadi pegawai selama 1 tahun dan seterusnya. Dalam Perusahaan tidak ada uang pensiun tetapi hanya mendapat uang pesangon yang jumlahnya ditentukan oleh perusahaan.
VI. ASPEK KEUANGAN
Berikut ini kami menyajikan secara singkat hasil dari perhitungan kelayakan proyek ini:
a. Payback Period Usaha “TRAVEL MUNIR ASIK ”. memerlukan waktu 1 tahun 1 bulan
ASPEK KEUANGAN
Total biaya pembangunan Usaha Travel Munir Asik ini sebesar Rp 544.000.000, dengan rincian sebagai berikut:
Investasi tetap:
- Kontrak Ruko di Lamongan 1 tahun Rp 25.000.000
- Kontrak Ruko di Malang 1 tahun Rp 25.000.000
- Kontrak Ruko di Lamongan 1 tahun Rp 25.000.000
- Kontrak Ruko di Malang 1 tahun Rp 25.000.000
- Mobil 3 unit x @ Rp 130.000.000 Rp 390.000.000
- Meja & Kursi 4 unit x @ Rp 500.000 Rp 2.000.000
- Filling Cabinet 2 unit x @ Rp 250.000 Rp 500.000
- Kursi 4 unit x @ Rp 125.000 Rp 500.000
- Computer 2 & Printer x @ Rp 3.000.000 Rp 6.000.000
- Lain-lain Rp 1.000.000
Total Rp 450.000.000
Modal Kerja (BBM, Pelumas sparepart) Rp 216.000.000
Grand total
Tahun Kas Masuk
1 257.600.000
2 401.600.000
3 545.600.000
4 689.600.000
Rata-rata 473.600.000
Cash In Flow (CIF) = 473.600.000+ 15.000.000
= 488.600.000
Perhitungan Payback Period (PP) Perhitungan Net Present Value (NPV)
Perhitungan Net Present Value (NPV II) ROR 70%
NPV II = ∑ PVCIF – Io
=
=
= {324.492.500 x (1-(1+70%)-10/70%}- 357.200.000 (324.492.500 x 1,421) – 407.200.000
53.904.000
Perhitungan Internal Rate of Return (IRR) IRR = NPV I - Io
NPV I – NPV II= 1.221.142.800 – 407.200.000
1.221.142.800 – 53.904.00
= 0,697
= 69,7 %
Proyeksi Laba Rugi
Pada tahun operasi pertama diperkirakan sudah mendapatkan keuntungan sebesar Rp 257.600.000 dan tahun kedua memperoleh laba sebesar Rp 401.000.000.
NERACA (informasi keuangan belum dicatat jadi neraca belum disusun)
Mobil yang dipergunakan adalah sebagai berikut:
1. Jenis Mobil KIA Travello 300cc
2. Jumlah Tempat Duduk 11
3. Mobil Luncuran Tahun 2013 Akhir
4. Fasilitas Dalam GPS, LCD TV Dan Wifi
VII. ASPEK LINGKUNGAN HIDUP
Karena perusahaan kami di bidang jasa transportasi maka hal-hal yang mengenai limbah tidak ada, adapun polusi udara dari kendaraan tapi tidak mengganggu masyarakat sekitar.
VIII. ASPEK SOSIAL
Usaha ini dapat menyerap tenaga kerja, sehingga dapat mengurangi jumlah pengangguran di kota Lamongan. Dan bisa menambah pendapatan daerah Lamongan, serta meningkatkan mutu hidup masyarakat sekitar.
IX. ASPEK YURIDIS
A. TAHAPAN PROSES PENDIRIAN DAN PERIJINAN CV :
TAHAP 1 : Persiapan (Konsultasi, Pengisian Formulir Pendirian CV dan Surat Kuasa)
•Konsultasi diperlukan untuk mengetahui ruang lingkup pendirian CV, biaya dan cara pembayaran, prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan untuk pendaftaran dan perizinan serta berbagai aspek terkait dengan kegiatan usaha yang akan dilaksanakan perseroan.
• Persiapan dilakukan oleh para pendiri peseroan dengan mengisi formulir dan surat kuasa pendirian CV.
• Lama Proses; tergantung para pendiri perseroan
TAHAP 2 : Pembuatan Draft/Notulen Anggaran Dasar CV
• Draf/Notulen anggaran dasar dibuat berdasarkan informasi yang dibuat oleh para pendiri perseroan didalam Formulir pendirian CV dan Surat Kuasa.
• Lama proses; 1 (satu) hari kerja setelah permohonan diajukan
• Persyaratan yang dibutuhkan;
a) Melampirkan asli Formulir dan Surat Kuasa Pendirian CV
b) Melampirkan copy KTP para pendiri dan pengurus
c) Melampirkan copy KK pimpinan perusahaan (pesero aktif/direktur perseroan)
TAHAP 3 : Pembuatan Akta Pendirian CV
• Proses pembuatan Akta Pendirian dilakukan oleh Notaris yang berwenang
• AKTA PENDIRIAN CV akan dibuat dan ditandatangani oleh NOTARIS yang berwenang dan dibuat dalam bahasa Indonesia.
• Lama Proses; 1 (satu) hari kerja setelah permohonan diajukan
TAHAP 4 : Surat Keterangan Domisili Perusahaan
• Permohonan Surat Keterangan Domisili diajukan kepada Kepala Kantor Kelurahan setempat sesuai dengan Alamat Kantor perusahaan berada, sebagai bukti keterangan/keberadaan alamat perusahaan,
• Lama Proses; 2 (dua) hari kerja setelah permohonan diajukan
• Persyaratan lain yang dibutuhkan :
a) Copy Kontrak/Sewa tempat usaha atau bukti kepemilikan tempat usaha
b) Surat keterangan dari pemilik gedung apabila bedomisili di gedung perkantoran
c) Copy PBB tahun terakhir sesuai tempat usaha untuk perusahaan yang berdomisili di
TAHAP 5 :
Pajak
• Permohonan pendaftaran nomor pokok wajib pajak diajukan kepada Kepala Kantor Pelayanan
Pajak
• sesuai dengan keberadaan domisili perusahaan.
• Lama Proses NPWP; 2 (dua) hari kerja permohonan diajukan dan
• Lama Proses SKT wajib pajak; 2 (dua) hari kerja permohonan diajukan
• Persyaratan lain yang dibutuhkan :
a. Bukti PPN atas sewa/kontrak tempat usaha bagi yang berdomisili di gedung perkantoran
TAHAP 6 : Pendaftaran ke Pengadilan Negeri
• Permohonan ini diajukan kepada Kantor Penitera Pengadilan Negeri setempat sesuai keberadaan domisili atau tempat kedudukan perseroan.
• Lama Proses; 2 (dua) hari kerja setelah Permohonan diajukan
• Persyaratan lain yang dibutuhkan :
a. Melampirkan Asli Akta Pendirian.
TAHAP 7 : UUG/SITU-Surat Izin Tempat Usaha
UUG/SITU Ini diperlukan untuk proses Izin Usaha Industri/Tanda Daftar Industri atau SIUP- Surat Izin Usaha Perdagangan atau untuk Izin kegiatan usaha yang dipersyaratkan adanya UUG/SITU berdasarkan Undang-undang Gangguan.
TAHAP 8 : SIUP-Surat Izin Usaha Perdagangan
• Permohonan SIUP diajukan kepada Dinas Perdagangan Kota/Kabupaten/Propinsi sesuai dengan keberadaan domisili Perusahaan.
• Lama Proses; 10 (sepuluh) hari kerja setelah permohonan diajukan
• Penggolongan SIUP terdiri dari SIUP Besar, Menengah dan Kecil dengan ketentuan sebagai berikut :
a. SIUP Besar untuk Modal disetor diatas 500 Juta,
b. SIUP Menengah untuk Modal disetor diatas 200 juta s.d 500 juta. c. SIUP Kecil untuk Modal disetor s.d 200 juta.
Untuk informasi prosedur & persyaratan SIUP
TAHAP 9 : TDP-Tanda Daftar Perusahaan
Permohonan pendaftaran diajukan kepada Kantor Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota/Kabupaten cq. Kantor Pendaftaran perusahaan sesuai dengan domisili perusahaan.
Bagi perusahaan yang telah terdaftar akan diberikan sertifikat TANDA
DAFTAR PERUSAHAAN sebagai bukti bahwa Perusahaan/Badan Usaha telah melakukan Wajib Daftar Perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 37/M- DAG/PER/9/2007 tentang “PENYELENGGARAAN PENDAFTARAN PERUSAHAAN”
Lama Proses; 14 (empatbelas) hari kerja setelah permohonan diajukan Untuk informasi prosedur dan persyaratan Tanda Daftar Perusahaan,
TAHAP 10 : 1 (satu) set dokumen yang dilegalisir oleh Notaris
• Setelah semua dokumen selesai kami akan ajukan ke Notaris untuk dilegalisir sesuai dengan aslinya.
• Lama Proses; 1 (satu) hari kerja setelah permohonan diajukan
B. PERIJINAN
Jenis Perijinan Biaya
1. IJIN PRINSIP (dari Instansi Teknis) Rp. 500.000
2. S I T U (Surat Ijin Tempat Usaha) Rp. 500.000
3. T D P (Tanda Daftar Perusahaan) Rp. 1.500.000
4. S I U P (Surat Ijin Usaha Perdagangan) Rp. 1.750.000
5. Akte Pendirian Perusahaan Rp. 500.000
Dan Lain-lain Rp. 250.000
TOTAL Rp. 5.000.000
X. RANGKUMAN DAN REKOMENDASI
Dari analisis perihal usaha “TRAVEL EXCLUSIF”. dapat disimpulkan beberapa hal yaitu :
1. Bahwa usaha untuk meningkatkan atau membangun usaha jasa transportasi modern memerlukan biaya yang sangat tinggi dan tidak terjangkau para pengusaha jasa transportasi tradisional seperti tukang becak atau tukang ojek.
2. Dikarenakan usaha ini adalah Travel Munir Asik maka kita menggunakan mobil yang baru dan modern juga dengan fasilitas yaitu GPS, AC, TV, WIFI, SNACK.
3. Dari segi sosial usaha ini dapat menciptakan lapangan kerja mengurangi pengangguran di daerah setempat.
4. Dana yang dibutuhkan untuk investasi usaha ini relative cukup besar, namun menghasilkan cashflow yang sangat menarik. Setelah itu cashflow yang dihasilkan dapat digunakan untuk memperluas dan mengembangkan usaha.