BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan industri sabun mandi dewasa ini begitu cepat seiring dengan kemajuan tehnologi dan tingginya tingkat persaingan diantara perusahaan- perusahaan sabun mandi dalam menciptakan produk yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Perilaku masyarakat yang membutuhkan dan menginginkan sepeda motor dengan merek, kualitas, harga serta dengan desain baru yang ditawarkan pada tingkat harga yang kompetitif merupakan potensi yang harus diperhatikan produsen untuk mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Untuk maju dan berkembang dalam konsep pemasaran perusahaan harus mampu memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, dimana kepada merekalah nantinya produk tersebut akan dipasarkan.
Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kemajuan teknologi, dunia usahapun mengalami pertumbuhan yang pesat dengan munculnya berbagai perusahaan yang berusaha menciptakan produk dan jasa guna memenuhi kebutuhan konsumen. Dengan demikian persaingan yang ketat akan mendominasi dunia usaha dewasa ini, dimana perusahaan saling berlomba untuk menguasai pangsa pasar. Di lihat dari kenyataan ini maka perusahaan dituntut untuk lebih mengadaptasikan diri dengan bekerja lebih efisien dan efektif.
Sabun mandi merek Wings adalah salah satu dari sekian banyak merek sabun yang tersebar di pasaran di Indonesia, sabun mandi merek Wings merupakan merek yang sudah cukup lama berada di pasaran Indonesia dan sempat memikat banyak konsumen, namun akhir akhir ini kita tahu bahwah sabun merek Wings sudah tidak begitu di gemari oleh konsumen bahkan sudah jarang di di toko toko kecil yang ada di Indonesia. Dan tentu saja itu semua ada faktor faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya peningkata dan penurunan konsumen dalam membeli produk..
Berdasarkan uraian di atas, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dan menyajikan dalam suatu karya ilmiah berupa skripsi dengan judul :
“Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Produk Sabun Mandi Merek Wings”.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang yang telah dikemukakan sebelumnya, maka permasalahan pokok dalam penulisan ini adalah :
1. Faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian terhadap produk sabun mandi merek wings?
2. Faktor mana yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sabun mandi merek wings?
1.3. Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :
1. Untuk mengetahui faktor faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk sabun mandi merek wings
2. Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhin konsumen membeli produk mandi merek wings.
1.4 Manfaat Penelitian
Dengan adanya penelitian ini penulis mengharapkan dapat memberikan manfaat :
1. Bagi perusahaan, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dan masukan bagi pihak perusahaan untuk mengetahui faktor dominan yang menjadi pertimbangan konsumen untuk mengkonsumsi produk yang ditawarkan sehingga pihak perusahaan akan dapat senantiasa menyusun strategi dalam rangka memenuhi harapan konsumen.
2. Bagi penulis, selain sebagai syarat tugas kuliah, juga dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan bidang ilmu manajemen pemasaran.
3. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan perbandingan dan referensi untuk penelitian selanjutnya.
1.5 Metode Penelitian
Metode penelitian yang saya gunakan adalah sebagai berikut :
• Teknik Pengumpulan Data
Data dikumpulkan dari sumber-sumber bacaan berupa jurnal, majalah, buku, artikel ilmiah di internet, komunikasi pribadi dan sumber-sumber lain yang relevan dengan topik yang dibahas. Pada tahap ini data, fakta dan informasi dicari dan diidentifikasi. Data diseleksi, yang sesuai dengan topik tulisan dipisahkan dari yang tidak sesuai. Data yang sesuai dengan topik tulisan dipisahkan berdasarkan kesesuaiannya dengan sub-sub judul dalam kerangka tulisan.
• Teknik Pengolahan Data
Data, fakta atau informasi yang diperoleh kemudian diolah dengan cara tabulasi untuk data kuantitatif dan untuk informasi kualitatif dianalisis dengan analisis deskriptif dalam bentuk teks. Data yang telah diolah kemudian ditafsirkan dengan menggunakan metode analisis isi.
• Teknik Penarikkan Simpulan
Simpulan dibuat dengan menggunakan pola pikir induktif, yaitu menarik simpulan dari proposisi-proposisi yang khusus yang kemudian digeneralisasikan. Saran atau rekonmendasi dibuat berdasarkan hasil simpulan.
UNTUK MELIHAT FILE LENGKAPNYA SILAKAN
UNTUK DOWNLOAD ADA DI BAWAH
UNTUK DOWNLOAD ADA DI BAWAH
INGIN FILE LEBIH LENGKAP DAN TINGGAL PRINT KLIK :
DOWNLOAD DISINI
WAJIB BACA :
WAJIB BACA :
SMS KE 089676100652 / CHAT YM / FB SAYA
JIKA ADA MASALAH TERHADAP FILE TERSEBUT
FILE YANG ANDA DOWNLOAD PASTI BUTUH INI
SILAHKAN KLIK TAUTAN INFORMASI DIBAWAH INI :