MACAM-MACAM PENDEKATAN
Ada beberapa macam pendekatan pembelajaran yang
digunakan pada kegiatan belajar mengajar, antara lain :
1.
Pendekatan Kontekstual
Pendekatan konstekstual berlatar
belakang bahwa siswa belajar lebih bermakna dengan melalui kegiatan mengalami
sendiri dalam lingkungan alamiah, tidak hanya sekedar mengetahui, mengingat, memahami.
§ Pendekatan ini memungkinkan. terjadinya 5 bentuk belajar yang
penting, yaitu :
a.
Mengaitkan
b.
Mengalami
c.
Menerapkan
d.
Kerjasama
e.
Mentransfer
2.
Pendekatan Konstruktivisme
Pendekatan dalam pembelajaran yang
menekankan pada tingkat kreativitas siswa dalam menyalurkan ide-ide baru yang
diperlukan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan,
misalnya berupa keterampilan dasar yang diperlukan baik dalam lingkungan
sekolah maupun masyarakat.
§ Ciri-ciri pendekatan konstekstual :
a.
Dengan adanya pendidikan ini
pengembangan pengetahuan bagi peserta didik dapat dilakukan oleh siswa itu
sendiri melalui menelitian, pengamatan langsung.
b.
Antara pengetahuan yang ada harus
berkaitan dengan pengalaman yang ada pada diri siswa.
c.
Setiap siswa punya peranan
penting dalam menentukan apa yang mereka pelajari.
d.
Guru hanya sebagai pembimbing
dengan menyediakan materi atau konsep yang akan dipelajari serta memberi
peluang pada siswa untuk menganalisis sesuai dengan materi yang dipelajari.
Langkah mengajar dengan pendekatan ini ada 3, yaitu :
- Tahap enaktik
- Tahap simbolik
- Tahap ikonik
3.
Pendekatan Deduktif – Induktif
a.
Pendekatan deduktif
Pendekatan yang menggunakan logika
untuk menarik satu atau lebih kesimpulan berdasarkan seperangkat premis yang
diberikan dalam siswa deduktif yang kompleks.
b.
Pendekatan induktif
Pendekatan pengambilan kesimpulan dari
khusus menjadi umum, menekankan pada pengamatan dahulu lalu menarik kesimpulan
berdasarkan pengamatan tersebut.
4.
Pendekatan Konsep dan Proses
a.
Pendekatan konsep
Pendekatan yang mengarahkan peserta
didik menguasai konsep secara benar dengan tujuan agar tidak terjadi kesalahan
konsep.
Kondisi-kondisi yang dipertimbangkan
dalam kegiatan belajar mengajar dengan pen dekatan konsep :
1.
Menanti kesiapan belajar
2.
Mengetengahkan konsep dasar
dengan presepsi yang mudah dimengerti.
3.
Memperkenalkan konsep yang
spesifik dalam pengalaman spesifik pula sampai konsep yang kompleks
4.
Penjelasan perlahan-lahan dari
yang konkrit sampai yang ke abstrak
b.
Pendekatan proses
Pendekatan yang memberikan
kesempatan pada siswa untuk menghayati proses penemuan atau penyusunan suatu
konsep sebagai suatu keterampilan konsep. Pada pendekatan ini peserta didik
diharapkan benar-benar menguasai proses.
5.
Pendekatan Sains, Teknologi dan Masyarakat
Pendekatan sains, teknologi dan
sosial merupakan gabungan antara pendidikan konsep keterampilan proses CBSA,
inkuiri, diskoveri serta pendidikan lingkungan.
Tujuannya untuk menghasilkan peserta
didik yang cukup memiliki bekal pengetahuan sehingga ,mampu mengambil keputusan
penting tentang masalah-masalah dalam masyarakat serta mengambil tindakan
sehubungan dengan keputusan yang telah diambil.
6.
Pendekatan Individual
Dilakukan dengan memahami karakter
atau watak dari setiap siswa.
7.
Pendekatan kelompok
Untuk membina dan mengembangkan
sikap sosial siswa
8.
Pendekatan Bervariasi
Siswa memiliki motivasi yang
berbeda-beda termasuk juga permasalahan yang dihadapi bervariasi sehingga
diperlukan variasi teknik pemecahan untuk setiap kasus tersebut.
9.
Pendekatan Edukatif
Setiap tindakan sikap perbuatan yang
dilakukan guru harus bernilai pendidikan dengan tujuan untuk mendidik siswa agar
menghargai norma, hukum, susila, sosial dan agama.
10. Pendekatan Realistik
Siswa diberikan permasalahn yang
bersifat realistik (permasalahan yang bisa dipecahkan oleh siswa berdasarkan
daya nalarnya sendiri).